Kebanyakan orang yang ridak berkecimpung pada kegiatan pramuka pasti akan mengira bahwa scarf pramuka sama dengan hasduk pramuka pada umumnya. Akan tetapi jika dijelaskan dari bentuk dan fungsi dari kedua perlengkapan tersebut sangatlah berbeda.

Sebenarnya tidak ada pengertian secara baku untuk sebuah istilah scarf, akan tetapi jika untuk mengenai penjelasan singkatnya scarft pramuka merupakan sebuah pita dengan berbahan dasar kain yang dikenakan pada bahu atau sekitar leher, bahkan hingga kepala dan biasanya kain ini juga kadang digunakan pada sebuah kegiatan yang berhubungan langsung dalam kegiatan kepramuka.

Sesuai sengan Surat Keputusan Kwarnas No. 174 Tahun 2012 scarf bukanlah sebuah atribut resmi atau atribut yang wajib digunakan saat pada kegiatan kepramukaan, akan tetapi bisa digunakan untuk acara lain.

Yang artinya scarft pramuka bisa kamu gunakan sebagai asessoris tambahan untuk seragam acara yang tidak resmi, seperti pada seragam harian, seragam kegiatan umum, seragam upacara, dan pada seragam khusus (seragam pramuka muslim dan seragam pramuka tambahan).

Beberapa penggunaan sebagai warna dasar yang pernah digunakan untuk pembuatan Sekarp Pramuka antara lain yaitu merah, Ungu, Hitam, Coklat, Kuning, Loreng Pramuka, Biru, dan Merah Tua.

Dari warna-warna dasar tersebut kemudian akan dikombinasikan dengan beberapa garis list (garis tepi Scarf) yang sangat bervariasi mulai dari dua list warna hingga yang berbeda sampai memiliki tiga list warna yang berbeda.

Berbeda dengan hasduk yang memiliki ciri kas yaitu dua warna yakni warna merah dan putih, sedangkan untuk scarf sendiri memiliki warna yang tidak pasti, yang artinya terdapat beberapa jenisnya yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis scarf pramuuka.

Contoh Scarf Pramuka

Contoh Scarft Pramuka Menyala

 

PEMESANAN SCARF HUBUNGI KEDAI PRAMUKA WA : 0877-2264-2882

Chat di Whatsapp

  1. Scarf Pramuka Menyala

Untuk Jenis Scarf Pramuka yang pertama ini memang ada sebagian atau lebih tepatnya terdapat lis yang bisa menyala bila berada pada kondisi yang gelap atau lebih tepatnya sedikit terkena sorotan cahaya.

Hal tersebut dikarenakan karena bahan baku atau kain yang digunakan memang sangat istimewa karena memiliki sifat yang menyala dalam gelap. Karena dengan keunikan tersebut, maka kebayakan orang menyebutnya dengan istilah Secarf Pramuka Menyala, Scarf Scotlight, Scarf Menyala dalam gelap, hingga Scraf Pramuka Glow in The Dark.

  1. Scarf Pramuka 3 Warna

Nah, jenis yang ke-dua adalah secraf pramuka tiga warga, sama dengan namanya jenis scraf ini sebenarnya memiliki warna dasar satu, akan tetapi terdapat garis tiga warna, yang jika di gulung akan menampilkan sebuah kacu yang unik.

Sebenarnya, sebutan jenis ini tidak di patenkan untuk yang mempunyai 3 jenis warna saja, akan tetapi bisa juga untuk sebutan scarf yang memiliki 4 warna yang berbeda.

Berbeda dengan jenis scarf  menyala, untuk jenis scarft pramuka tiga warna ini, kebanyakan menggunakan bahan kain biasa, jado jenis scarf 3 warna ini tidak bisa menyala dalam keadaan gelap, meskipun ada beberapa bahan yang juga bisa memberikan cahaya yang bisa terlihat menyala dalam gelap.

  1. Scarf Pramuka Garuda

Jenis scarf yang terakhir ini sangat berbeda sekali dengan jenis scarf lainnya. Bisanya scarf akan diberi julukan nama berdasarkan dengan warnanya, akan tetapi istilah dinamakan Secarf Pramuka Garuda ini diberi nama karena terdapat sebuah logo tepatnya adalah sebuah simbol dari pasukan garuda atau logo burung garuda yang terdapat pada bagian ujung segitiga kain scarf.

Kebanyakan dari beberapa jenis kain yanng terdapat logo di ujung segitiga tersebut akan dinamakan sesuai dengan logo yang tertera.

 

PEMESANAN HUBUNGI KEDAI PRAMUKA WA : 0877-2264-2882

Chat di Whatsapp

 

Toko Pramuka di Jakarta